Langsung ke konten utama

Fobia sosial- Mengatasi Gangguan kecemasan sosial

Gejala Gangguan kecemasan sosial, social anxiety disorder atau ada juga menyebutnya dengan isitilah fobia sosial.
Mungkin anda sering mengalami ketika orang lain menganggap anda adalah orang yang  Aneh.
Tanpa paham sama sekali bagaimana sebenarnya anda

Mereka tidak mengerti bagaimana sulitnya untuk melakukan hal-hal sederhana seperti berbicara dengan seseorang yang Anda anggap  menarik.

Ikut melebur bersama banyak orang  untuk bersenang senang.. Atau hanya untuk bisa menghadiri undangan acara dan semua hal itu dilakukan dengan penuh rasa percaya diri. Begitulah,tidak banyak yang mengerti akan hal itu...

Tidak ada lebih hebat juga sebanding dilakukan  saat berjuang dengan otak sendiri, mengatasi rasa malu berlebihan. Atau ketika mengandalikan rasa gugup, cemas akan ditolak.

Mereka tidak memahami  bagaimana rasanya tidak punya kontrol baik dengan pikiran sendiri..
Mengatasi perasaan canggung ketika bagaimana bisa bersikap tenang  di sekitar orang lain.
Dan satu hal penting, siapapun orang nya pasti tidak mau  MEMILIH untuk menjadi seperti ini!

Bahwa semua perasaan itu TIDAK melulu tentang "ilusi di kepala" .
Tidak cukup "hanya mendapat nasehat dangkal"
Bahkan obat obatan pun tidak bisa menyingkirkan masalah,karena untuk menangani semua itu,yang seharusnya diketahui adalah..

Akar masalah penyebab gejala gangguan kecemasan sosial

Maka ini adalah Fakta sesungguhnya yang wajib diketahui...Mengapa beberapa orang ditakdirkan sepertinya tidak mengalami rasa minder dalam situasi sosial? Apakah sebenarnya perasaan tidak percaya diri ini hanya dimiliki sebagian orang?
Saya akan bongkar rahasianya sekarang, Untuk bisa mengerti apa sebenarnya faktor penyebab fobia sosial/ kurang percaya diri kita perlu mempelajari serta memahami proses “perkembangan pikiran manusia”.

Mekanisme respon fight or flight

Analoginya seperti ini…
Anda pastinya sudah tahu jika singa adalah hewan liar berbahaya,itu anda ketahui sejak lama,baik dari orang orang yang mengatakannya  ataupun dari berbagai informasi lainnya.
Bayangkan jika anda tersesat dihutan melihat seekor singa sekarang, tapi anehnya anda  tidak merasa cemas/takut ? sudah tentu, singa itu akan memangsa anda.

Sebaliknya jika anda melihat singa kemudian langsung merasa takut, maka secara otomatis “Sistem alarm” dalam otak bertindak cepat, Detik itu juga, dosis adrenalin segera meluncur di dalam darah, membuat tubuh kita meregang siaga untuk respon Fight or Flight .

Jadi mekanisme respon “Fight “ adalah berarti bertarung melawan jika sang ancaman rasanya bisa dilawan, sementara “Flight” berarti berlari menghindar jika merasa terpojok

Dari cerita diatas, sekarang anda paham jika penyebab tidak percaya diri berefek pada Kecemasan sosial adalah hal yang baik. Perasaan takut berguna bila mengakibatkan seseorang menjadi lebih hati hati juga waspada dalam menjalani ataupun bertahan hidup,ini akan sangat merugikan apabila membuat perilaku seseorang berubah menjadi tidak terkontrol,terlalu tegang sehingga mengganggu kehidupannnya.

Dalam situasi ini, rasa takut menjadi bermanfaat, seperti  seperangkat sistem alarm (Naluri)  pengingat. Jadi intinya, gejala gangguan kecemasan sosial adalah mekanisme perlindungan diri ketika merasa ada bahaya disekitar Anda. Mekanisme kemampuan Ini seperti sebuah  "Sistem Alarm" yang ada dalam otak untuk membantu bereaksi dengan cepat terhadap suatu ancaman. Itulah mengapa para ilmuwan sering mendeskripsikan kata stress, takut dan kecemasan dengan istilah " Fight  (Melawan) atau Flight  (Lari )" –

Namun inilah yang sering terjadi selanjutnya bagi kebanyakan orang..

SERING nya  "sistem alarm" di otak  diprogram dengan cara yang salah

Pemrograman keliru ini bisa berasal dari manapun. Hal ini dapat terjadi melalui faktor genetik penyebab anak kurang percaya diri (Baca :Tertular atau terpengaruh dari kerabat,keluarga yang  mengalami hal sama). Dari melalui pengalaman masa kecil, atau campuran dari keduanya, yang begitu membekas di pikiran.

Dalam situasi gangguan kecemasan sosial/ fobia sosial yang tinggi,saat itu sistem tubuh dan pikiran kita sedang mengalami konflik,tubuh sudah siap beraksi tapi anehnya tidak menemukan siapa yang harus dilawan ataupun untuk apa harus berlari. Sinyal ancaman bahaya dikirim ke otak  tidak benar-benar nyata alias alarm palsu.

Ketika repon "Fight atau Flight" terpicu, meskipun itu bukanlah sebuah ancaman bahaya secara nyata. Secepat itu juga tubuh bereaksi,jantung berdetak lebih keras,tubuh menjadi kaku,adrenalin terpompa deras kedalam aliran darah,tekanan darah naik.Intinya tubuh kita siap untuk bertempur menghadapi segala bahaya.

Jadi berita buruknya adalah,secara sadar atau tidak sadar,sengaja maupun tidak disengaja otak anda  telah  di "Program" untuk  menciptakan berbagai pikiran-pikiran menakutkan (kecemasan). Sama hal nya seperti komputer yang sengaja diprogram untuk bekerja dengan cara tertentu.

Tidak perduli  secanggih apapun nasehat untuk diri sendiri "tidak ada yang harus ditakutkan" seperti orang lain mungkin biasa berikan nasehat juga  kepada Anda,tapi tetap saja hal itu tidak pernah membawa anda kemana mana..

Karena program itu sudah tertanam sangat DALAM di bagian otak anda, menjadi respon aktif ketika terpicu dan  seperti menjadi naluri anda untuk bertahan hidup. Setelah mengetahui Fakta nya,Apa yang Harus Dilakukan Selanjutnya?

Anda sekarang tahu MENGAPA kebanyakan  "penanganan" fobia sosial, rasa cemas yang tinggi tidak banyak menolong bagi kebanyakan orang.

Artikel, buku bahkan nasehat tidaklah cukup spesifik untuk menjadi efektif.
Obat-obatan bukan solusi  untuk mengatasi akar penyebab masalah gejala gangguan kecemasan sosial.
Jadi langkah berikutnya sudah jelas ...

Mengatasi social anxiety disorder/kecemasan sosial

Jika Anda ingin melakukan perubahan secara total, cara mengatasi kecemasan sosial, Anda perlu tahu CARA memprogram ulang mekanisme atau kemampuan " Fight (Melawan) atau Flight (Lari)" dalam otak, sehingga Anda tidak merasa cemas lagi takut dalam segala situasi sosial apapun.

Secara umum, untuk mengatasi kecemasan sosial/fobia sosial saya akan membagi nya menjadi dua bagian penting yang tidak terpisahkan yaitu Mindset dan teknik.
Mindset atau pola fikir lah yang pertama kali harus di ubah untuk mengatasi kecemasan ataupun jika ingin lebih meningkatkan kepercayaan diri.

Mengapa harus mindset terlebih dahulu dibereskan?

Karena semua “program” yang salah bersayam disitu, Ada macam cara strategi untuk memformat ulang mindset, dari metode hipnotherapy, EFT, Forgivness therapi dll.. dalam postingan ini saya akan bahas lebih dalam tentang forgivnes therapi sebagai salah satu terbaik cara merekonstruksi ulang mindset. Teknik adalah sekumpulan cara melatih diri membentuk kebiasaan baru, dari cara berinteraksi (body lenguage,suara,dll), ada beberapa pendekatan untuk aplikasi mengatasi kecemasan sosial, dari metode Progressive Desensitization,metode NLP dll..

A. Membersihkan Mindset dengan Metode Forgivness therapy

Forgiveness Therapy

Sebelum ke tata cara terapi memaafkan,saya akan ringkas tentang pemahaman Forgiveness Therapy. Adalah merupakan  suatu pengembangan dari terapi/teknik Gestalt, pelaksanaan metode ini pun bisa bervariasi, mulai terapi memaafkan secara personal, atau dilakukan secara umum, prakteknya juga bisa dilakukan dengan teatrikal dan bersuara, atau hanya cukup dilakukan dalam hati, sederhana nya hal ini bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan, selain untuk gangguan kecemasan sosial, metode ini juga bisa untuk mentralisir gangguan depresi, stress juga gangguan emosional lainnya.

Filosofi dari strategi terapi ini memang luar biasa, dengan memandang dasarnya manusia adalah mahluk bersih dan baik, tidak memendam emosi negatif yakni rasa benci atau dendam pada orang lain. Jika seseorang mengikat perasaan benci atau dendam, maka alam bawah sadarnya seringnya lebih bereaksi dan menimbulkan berbagai simptom, misal dari gejala gangguan kecemasan sosial, stress dan depresi. Simptom ini juga sebagai indikator, penanda bahwa adanya ketidak harmonisan emosi dalam diri seseorang.

Terapi memaafkan. Lalu siapa yang hendak dimaafkan ?
Ada 2.  yang pertama orang lain dan yang terakhir adalah memaafkan diri sendiri.

Urutan proses metodenya sebagai berikut :

  • Buat kondisi tubuh senyaman mungkin, posisi tubuh bisa berbaring atau duduk ,intinya pastikan tubuh enak dan rileks. Fokus pada tubuh juga fikiran untuk menciptakan hening rileks, cara sederhana dan teknik favorit saya adalah dengan pejamkan mata, menghitung mundur dari 7, 6, 5 begitu seterusnya dengan lakukan bernafas secara sangat perlahan pada setiap hitungan turun
  • Jeda, hening beberapa detik. Setelah nya, buat kalimat self talk berikut ini dengan cara :
Simbol..  # , Artinya nya anda secara tenang, lembut, perlahan menarik nafas dalaaam dan ketika menghembuskan nafas lakukan dengan irama perlahan katakan dengan Self talk kalimat disebelahnya.

# Saya lepaskan..  (Jeda, hening beberapa detik)

# Saya bebaskan..  (Jeda, hening sebentar)

# Semua perasaan marah.. (Jeda, hening .. )

# Semua perasaan sedih..  (Jeda, hening sejenak)

# Semua rasa kecewa.. (Jeda, hening sejenak)

# Yang berada dalam tubuh,hati dan fikiranku..  (Jeda, hening sejenak)
#  Ke alam semesta dengan ikhlas… (Jeda, hening, berhenti sebentar)
#  SEKARANG ...

Catatan tambahan :

- Saat melakukan teknik ini, anda bisa menambahkan dengan kata self talk lainnya seputar gangguan kecemasan sosial, improvisasi sederhana dengan kata yang semakin spesifik semakin baik.
- Jika ada datang atau timbul gambaran memory, bisa gunakan teknik gambaran yg mengganggu dibuat menjauh.. jauuuuh sampai hilang.
- Jika timbul suara, bisa lakukan teknik suaranya dibuat terdengar samar, jauhh perlahan hingga akhirnya hilang.
  1. Kembali ke tubuh dan fikiran, sadari perasaan.
Jika masih ada rasa, suara atau gambaran kemarahan atau hal hal lainnya yang timbul, silahkan lakukan kembali langkah 2 dengan tetap mempertahankan kondisi rileks, nyaman.
Jika Anda sudah terbiasa dan mahir dengan langkah teknik di atas, metode ini bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun anda berada, dengan melakukan langkah 1 tanpa harus pejamkan mata.
Tambahan terakhir, coba anda mengerti, resapi pemahaman skrip dibawah ini, sesaat  setelah anda melakukan langkah terapi melepaskan emosi negatif diatas.

B. Teknik mengatasi fobia sosial/kecemasan sosial

Saya sudah buat artikel khusus tentang ini, intinya pada bagian teknik mengatasi kecemasan sosial adalah peningkatan sosial skill terutama pada interaksi sosial mencakup juga bagaimana cara berpenampilan, bahasa tubuh, menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga dan memilih makan makanan sehat. Sebagai referensi untuk pembahasan nya anda bisa masuk kebagian tulisan ini.
,,,,,,
;;;;;
;;;’’

Komentar