Langsung ke konten utama

Cara Menumbuhkan Percaya Diri (Hukum Kekal Menjadi Percaya Diri)

Bagaimana jika ternyata cara menumbuhkan rasa percaya diri itu bukan perkara wajah tampan, paras cantik atau bukan juga seberapa banyak harta yang anda miliki?

Bagaimana bila ternyata itu jauh lebih sederhana dari yang Anda pernah ketahui selama ini? Namun itu mampu menimbulkan rasa percaya diri yang berlipat-lipat.

Dan ketika anda menerapkan strategi inti cara membangun percaya diri yang sesungguhnya seperti apa, itu bisa berarti perbedaan antara menjadi percaya diri yang benar benar percaya diri dengan kepercayaan diri palsu akan lebih jelas terlihat. Hari ini saya berniat menunjukkan rahasia nya

Metode agar menumbuhkan rasa percaya diri bukanlah seperti banyak orang bayangkan selama ini

Membongkar mitos arti percaya diri

Jika percaya diri terletak pada tubuh yang ideal, tampang ok. Saya yakin anda sudah jenuh melihat puluhan fakta mereka yang memiliki semua itu pun tidak  menjamin bahkan tidak jarang beberapa dari mereka pun memiliki krisis kepercayaan diri.

Jadi sekali lagi, jika sedikit saja anda meyakini dalam hati semua atribut tersebut adalah syarat mutlak agar percaya diri, percayalah secara tidak langsung anda sudah menciptakan dinding batas yang anda akan sangat sulit menembus nya.

Anda akan kepayahan dan bisa dipastikan apapun metode yang anda lakukan hanya akan bersifat sementara, naik turun alias tidak jalan.

Rumus menjadi percaya diri itu universal berarti siapapun yang melakukannya jika dia mau menjalankan the law of self confidence atau hukum percaya diri, bisa dipastikan ia akan mendapatkan hasil yang sama, tidak perduli orang tersebut memiliki latar belakang nya seperti apa, sekelam apapun masalalunya, asal bersungguh sunguh menerapkan nya, perubahan permanent hanya masalah waktu.

 Agak sedikit berlebihan memang, namun izinkan saya memberikan satu ilustrasi sederhana

Bagaimana sesungguhnya perilaku atau apa saja tanda-tanda orang yang bersikap percaya diri

Bayangkan anda.. katakanlah secara tidak sengaja, ada seorang mahluk mempesona mencuri perhatiaan anda dan karena menarik, ia memutuskan untuk menghampiri.

Anda tidak risau dengan apa yang anda kenakan atau bagaimana semestinya berpenampilan, Anda tetap tenang dan maju, walau saat itu penampilan tidak sedang mendukung.

Begitupun yang terjadi ternyata tidak sesuai keinginan, respon tidak bersahabat, menanggapi dengan datar datar, memberikan ekspresi dingin, ketus atau apalah yang menunjukkan bahasa tubuh penolakan, maka untuk langkah terbaik selanjutnya adalah segera berlalu.

Jika orang tersebut tidak memiliki mental percaya diri yang kuat, biasanya respon malu berlebihan lah yang terjadi. Merasa jelek, tidak layak, gagal dan puluhan perasaan menyerang diri sendiri adalah kecenderungan secara umum.

Namun itu tidak berlaku jika anda memiliki mental percaya diri yang kuat. Meski salah target, karena orang yang didekatinya ternyata bermasalah, ia tetap membawa kualitas kepercayaan diri tanpa merasa terintimidasi, merasa hancur, gagal atas kejadian tersebut. Respon nya tetap tenang, bukan sedang berpura pura bahwa kejadian tadi tidak pernah ada, santai dan tenang disini memang real pancaran hati dan fikiran, semoga anda paham yang saya maksud, kurang lengkap? Ok satu ilustrasi lagi ..

Misalnya anda dikenal sebagai salah satu atlet panah terbaik. Karena anda telah telah berlatih begitu banyak dan mendapatkan pengalaman tak ternilai, anda memiliki fondasi keyakinan inti.

Ketika anda melangkah masuk ke lapangan, semua yang merisaukan hilang, anda merasa nyaman dengan semua yang akan terjadi nanti di lapangan, apakah akan “kalah” atau “menang" hal tersebut tidak pernah mengganggu pikiran, yang anda tahu adalah memberikan penampilan terbaik, tidak lebih tidak kurang.

Tahukah anda, inilah bentuk terbaik pancaran terang sesunguhnya rasa percaya diri, memaksimalkan potensi diri, mengatur ulang pola pikir tentang konsep membangun percaya diri. Itu mengapa saya sebut kekal, melekat, kuat.

Jadi rahasia cara menumbuhkan rasa percaya diri terletak pada paradigma, cara berfikir (Mindset) —  terlebih lebih lagi kepekaan membedakan jenis kepercayaan diri yang nantinya akan anda kembangkan.

Lalu pertanyaan nya sekarang bagaimana cara menimbulkan rasa percaya diri percaya diri?

Benahi terlebih dahulu secara serius inner confidence, saya menyebutnya inilah sesungguhnya inti dari segala inti--kemenarikan, kharisma, - Core of the core. Cara menumbuhkan percaya diri tidak sesulit cara menumbuhkan rambut atau jenggot, anda hanya perlu pergi ke apotik atau konsultasi dengan pakar kebotakan, kira kira adakah obat yang bisa menyelesaikan permasalahan tentang bulu bulu. namun agar anda sukses menjadi percaya diri anda dituntut memiliki ekstra stok sabar yang berlimpah limpah, disiplin, konsisten, jika sampai disini anda merasa tidak punya waktu untuk itu semua, pembahasan ini terlalu berat atau mengada ada, sebaiknya anda berhenti di pragraf ini saja, sayang waktu anda terbuang percuma, karena tulisan ini memang hanya untuk mereka yang serius.

Anda sudah siap?  Ok kita lanjut..

Inner confidence 

Anda perlu konsisten mempertahankan hal hal positif agar pertumbuhan kepercayaan diri tidak terhalangi, inner confidence letaknya ada ditempat yang tidak terlihat namun hanya bisa dirasakan itu ada di hati dan mindset anda, kelak tugas anda sendiri yang menemukan nya kembali, membentuknya agar menjadi manfaat berharga anda miliki di dunia, Percaya diri.

Jadi saya ulangi, ini bukan tentang seberapa banyak saldo rekening, mahal nya mobil. Karena jika itu yang jadi rujukan, anda ingat ini..

Semahal apapun mobil, tetap mobil itu ada di showroom untuk di perjual belikan, jika kebetulan anda beruntung memiliki keberlimpahan harta, tentu anda bisa membeli nya dengan mudah, namun obat menumbuhkan percaya diri, sebanyak apapun uang yang anda miliki itu tidak pernah ada yang menjual, anda hanya bisa menemukan nya disini * nunjuk dada.

Inti dari kekuatan..Inner confidence kunci terpenting yang mesti dimiliki

Masih banyak yang belum menyadari, ketika kita berbicara cara menumbuhkan rasa percaya diri, maka sebenarnya kita sedang membahas sesuatu yang menakjubkan namun tidak kelihatan.

Pernah kah anda merenung sebentar jika pesawat yang melesat diangkasa sesungguhnya hanyalah kumpulan besi besi yang diwarnai, di modifikasi agar berbentuk.

Adanya mesin dalam pesawat yang menimbulkan gaya dorong dan memicu gaya aerodinamik, maka jadilah besi dengan berat ratusan ton tersebut nampak berharga dan terangkat ke udara. Tapi tanpa mesin yang menghasilkan energi, tanpa semua itu, pesawat hanyalah rongsokan besi.

Sebagai manusia, tak ubah nya seperti mesin pesawat, pikiran nya lah penentu apakah ia mau bergerak maju untuk terus meningkatkan kualitasnya atau ia memilih membeku. Semua kendali tersebut ada pada pola pikir-hati nya atau  mindset.

Syarat mutlak agar percaya diri  salah satu rumus nya anda harus memiliki inner game yang kuat, dari self talk positif dan hal ini sudah kita bahas, namun untuk rumus kedua yaitu membuat tujuan dll.. ini akan kita bahas pada artikel terpisah, bahasan kita saat ini lebih berfokus bagaimana realita sesungguh nya cara menumbuhkan rasa percaya diri pada diri sendiri.

Proses pembentukan rasa percaya diri 
 Anda adalah apa yang anda pikirkan tentang diri anda sendiri 
Pikiran melahirkan mindset, pentingnya merubah mindset itu berarti akan merubah banyak hal dalam hidup, hal ini tidak melulu tentang menjadi percaya diri saja, rahasia mindset,kekuatan mindset jika anda pahami adalah kunci penting menghadapi persoalan bahkan dalam setiap aspek hidup, baik bisnis, negosiasi dan masih banyak lagi.

Mengubah mindset

Mengubah pola pikir atau mengubah mindset secara total jika didefenisikan secara sederhana selain mempertanyakan keyakinan yang selama ini melekat dengan penuh kesadaran, setelah hal itu semua anda lakukan maka selanjutnya anda memerlukan ke konsitenan mengulang ulang program baru yang ingi ditanam pada pikiran.

Keahlian Tingkat Dunia 

“Saya tidak takut pada orang yang melatih 10.000 jurus jenis tendangan, saya takut pada satu tendangan yang orang tersebut sudah melatihnya selama 10.000 kali.”
* Bruce Lee
Anda bebas memilih, keyakinan apa yang ingin anda masukkan kedalam fikiran anda. Malcom gladwell dalam Buku nya Outlier memaparkan tentang kaidah 10.000 jam-  Sebagai syarat mutlak memiliki kompentensi agar bisa sampai ke level ahli.Jika anda sudah baca setidaknya pernah tahu tentang Kaidah 10 ribu jam, anggap saja informasi singkat ini sebagai penyegar ingatan.

Gladwell mengutip tulisan ahli saraf Daniel Levitin sebagai referensi dasar argumennya.“belum ada yang pernah menemukan seseorang bisa menjadi pakar dengan durasi latihan singkat. Otak memerlukan waktu sepanjang itu (10.000 jam) menyerap semua yang dibutuhkan untuk bisa ahli di bidangnya.”

Tahukah anda bahwa

Memiliki rasa percaya diri adalah keahlian, proses pengulangan latihan yang jauh jauh hari sebelumnya baik mereka menyadari atau tidak, telah membentuk mereka seperti itu.

Karena mereka yang disebut ahli dalam suatu bidang adalah mereka yang konsisten menempa dirinya berulang ulang pada suatu keahlian tertentu, tidak perduli apapun ke ahlian yang akan nantinya di bentuk, kunci nya cuma satu yaitu pengulangan.

Rahasia cara agar percaya diri terletak pada cara anda mengulang ulang suatu kebiasaan. Kita mesti bisa hindari, membuang, kemudian menyadari, apa yang seharusnya konsisten dilakukan-  Lewatkan apa yang tidak penting abaikan, sehingga motivasi agar percaya diri selalu tetap menyala.

Sederhananya mereka yang rendah diri dan bagi orang yang percaya diri sebenarnya sama-sama memiliki keyakinan, jika orang yang memiliki kepercayaan diri telah melatih, menempa mental rasa percaya dirinya dengan konsisten,

Sebaliknya .

Mereka yang minder adalah orang yang konsistenan terlatih menilai negatif tentang diri nya sendiri, mereka terbiasa mengulang ulang ketakutan tak beralasan hingga tentang kegagalan – Dalam pikiran.

Siklus diagram kebiasaan tersebut bisa anda lihat seperti gambar dibawah ini.

Berikut contoh gambaran jelasnya:

Menumbuhkan Percaya Diri

Keyakinan (Belief) anda menentukan Self Talk
Self talk menentukan Tindakan.
Tindakan membentuk  kebiasaan.
Dan kebiasaan akan membentuk karakter.
Selanjutnya nasib anda akan ditentukan siklus yang anda buat sendiri.

Bayangkan jika siklus negatif lah yang sering di ulang ulang, misalnya bukan "PD (percaya diri) tetapi "Minder". Apa yang akan terjadi pada orang tersebut?

Bagaimana bila program tersebut sampai bertahan sepuluh ribu jam dan konsisten di ulang ulang?

Bisa dipastikan ia pasti sukses menjadi orang rendah diri atau ahli dalam urusan menjadi orang minder.

Mungkin sekarang anda bertanya apa itu belief, self talk..
bagaimana mengaplikasikan nya agar bisa menumbuhkan percaya diri?
Bagaimana mereset program negatif yang sudah terlanjur menjadi kebiasaan ?

Karena hal ini akan menjadi pembahasan tersendiri, maka point point tersebut saya pisahkan dalam penjelasan terpisah, pada kesempatan ini saya lebih fokus mengguncang sistem keyakinan yang merusak kepercayaan diri manusia pada umumnya.

Jika anda serius dalam program menumbuhkan percaya diri Anda memerlukan langkah praktis yang segera bisa terapkan. Tipsnya..

* Anda sudah paham sekarang bagaimana suatu kebiasaan terbentuk dari putaran siklus, anda sekarang mulai berpikir untuk menumbuhkan percaya diri, maka hal praktis yang bisa anda lakukan adalah mengamati serta menyadari setiap self talk yang menghujat diri sendiri, yaa.. untuk saat ini anda bisa lakukan hal tersebut, ganti hal hal negatif tersebut untuk memberdayakan diri anda, jangan pernah lagi menganiaya diri sendiri dengan sampah sampah pikiran negatif tersebut.

* Saat ini anda sudah bisa membatasi, bahkan putuskan hubungan dengan orang orang yang menjadi parasit dalam hidup anda.

* Orang pesimis lebih banyak mengeluh dari pada bersyukur, mereka ini adalah virus pikiran yang hanya akan memperlambat anda sampai ke tujuan.

* Berharap pada situasi atau menunggu waktu yang Pas hanya akan membuat anda lebih lama menjadi minder. Misalnya anda sedang melatih diri untuk bersosialisasi agar lebih percaya diri, tapi kebetulan penampilan sedang tidak mendukung, apapun itu anda harus tetap konsisten, abaikan saja faktor eksternal seperti ini.

Bukan berarti saya mengatakan penampilan itu tidak penting, anda tetap dituntut berpenampilan bersih dan menarik, yang ingin saya tekankan adalah..

Rahasia orang yang selalu beruntung dan membangun percaya diri

Ada penelitian menarik tentang kesialan dan keberuntungan oleh Richard Wiseman, prof psikologi Inggris.

Pada percobaan tersebut. Wiseman menguji dua kelompok manusia yaitu mereka yang selalu sial dan kelompok mereka yang selalu beruntung.

Mereka sama-sama mendapatkan keahlian mereka—baik keahlian untuk menjadi orang sial maupun keahlian menjadi orang beruntung—pada umumnya secara alami. Orang-orang sial mengembangkan secara alami pandangan dunia yang memberi mereka kesialan.

Orang-orang beruntung mengembangkan secara alami pandangan dunia yang memberi mereka keberuntungan.

Dari percobaan tersebut, Richard dalam buku nya “The Luck Factor”, menyampaikan 4 hal yang menjadi faktor keberuntungan.
  • Memiliki jaringan pertemanan yang luas, mempertahankan teman-teman lama dan terus menambah teman-teman baru.
  • Berani mengambil keputusan. Dan setiap keputusannya seolah-olah selalu tepat, tanpa ia tahu kenapa begitu. 
  • Mempunyai cita-cita tinggi— selalu termotivasi menjadikan dirinya lebih baik dari hari ke hari. Selalu melihat dunia dengan hati dan pikiran yang lebih terang. 
Mereka yang sial cenderung memiliki empat faktor sebaliknya. “Orang-orang yang beruntung biasanya memiliki, secara alami, setidaknya dua atau tiga faktor itu,” kata Richard.

Dari pemaparan diatas serta pembahasan tentang hukum percaya diri memaksimalkan inner confidence, kita bisa ambil point penting.

Dan bila pun anda bukan secara alami tidak memiliki faktor-faktor keberuntungan atau dalam hal ini faktor kepercayaan diri. Sekarang anda tahu apa yang perlu anda lakukan: anda belajar untuk menguasai faktor-faktor itu dan menerapkannya dalam kehidupan anda — membuat program baru menginstal rasa percaya diri dalam pikiran anda

Anda telah sampai pada pragraf terakhir, hukum abadi cara agar percaya diri. Rumusan ini sudah teruji dan bekerja, seperti apapun karakter orang nya. Sederhana memang, tetapi tidak berarti itu mudah atau ini adalah hal yang sulit, bukan seperti itu juga, tergantung seberapa penting arti percaya diri menurut anda dan bagaimana anda tetap konsisten menjalankan dengan kebiasaan
Sebagai penutup, berikut ini pertanyaan untuk Anda refleksikan:
  •  Apakah Anda tahu apa yang menyebabkan anda selama ini minder?
  • bagaimana dukungan orang di sekitar dalam menumbuhkan rasa percaya diri?
  •  Kapan Anda putuskan memulai program siklus "PD" tersebut? 
  •  Apakah nantinya Anda memantau efektifitas setiap kebiasaan baru yang akan dibentuk dalam skala harian, mingguan atau bulan? 
  • Kuatkah Anda untuk putuskan mata rantai penyebab anda menjadi tidak percaya diri? 
 Semoga dan saya berharap anda bisa merenungkan nya dan bisa memberikan aksi nyata setelah nya.

Komentar