Langsung ke konten utama

Rahasia meningkatkan percaya diri Hingga 400%

Rahasia cara meningkatkan percaya diri- Semua orang tahu bahwa dengan percaya diri adalah kunci sukses di berbagai bidang.
Baik karir, mendapatkan pasangan dan semua hal terbaik berawal dari sini.
Ketika anda sedang mencari cara  membangun percaya diri, anda akan menemukan puluhan nasehat, saran, seperti ini misal nya :
  • Jadilah diri sendiri 
  • Pergi ke gym 
  • Affirmasi 
  • Menulis Resolusi
  • Diet sehat
  • Perbaiki penampilan
  • Berkenalan dengan orang baru
  • Cari hobi baru
  • Postive thinking
  • Cintai diri sendiri,  dll ...
Tetapi jika Anda mencoba melakukan semua hal itu sekaligus maka Anda mungkin akan gagal setelah 2 minggu pertama, mengapa?
“Pecah fokus”.  
Memori kita hanya mampu mengolah minimal 5 sampai 9  hal.
Jika melewati ambang batas 9 hal,memori pikiran tidak akan berdaya alias lumpuh karena banjir informasi.

The Magical Number Seven, Plus or Minus Two. George A. Miller, of Harvard University's.
Penelitian miller ini seperti mengasumsikan, berarti 6 hal mungkin fikiran masih bisa mengolahnya.

Tapi saya pribadi menganggapnya 4 program saja pun terkadang sudah buat kita kewalahan agar tetap fokus. Jadi solusinya?

Cara Meningkatkan percaya diri  yang benar adalah..

Anda tidak perlu membuat resolusi puluhan bahkan ratusan hal dalam agenda anda.
Point seharusnya dilakukan hanya pada beberapa hal penting yang benar-benar nantinya berdampak besar pada hasil yang di inginkan.

Saya berjanji tidak akan memberikan 10 cara.. 8 cara, 6 cara.. yang pada akhirnya membuat anda malas. Hal terpenting itu akan anda dapatkan segera setelah membaca habis tulisan ini.

4 langkah cara meningkatkan percaya diri

Menyambung sekilas tentang memori otak dan bagaimana cara kerja otak untuk menumbuhkan rasa percaya diri atau membuat orang menjadi minder ?  Jawabannya, kita perlu memahami proses perkembangan pikiran manusia dalam mengolah kejadian yaitu mekanisme respon fight and flight untuk pembahasan ini, sengaja saya buat pada tulisan terpisah: Gangguan kecemasan sosial
Postingan kali ini terfokus membahas langkah praktis dan saya harap anda bisa langsung mempraktekkan agar segera merasakan hasilnya.
mari kita mulai..

Tentu anda sudah tahu,banyak metode dari teknik NLP, Psycho cybernetic, Ericksonian hypnotherapi, CBT dan tools lainnya. Semua itu bertujuan agar nantinya program self-esteem bisa ter-implant dengan permanen.
Teknik dibawah ini adalah rangkuman dari sekian banyak nya cara yang sudah saya sebutkan diatas
langkah pertama yang segera bisa di terapkan adalah membuat..

Tujuan

Inilah pondasi terpenting  dalam cara menghilangkan rasa malu berlebihan minder dan rendah diri, saat memulai program meningkatkan kepercayaan diri, jadi sebelum melangkah ke step berikutnya, anda mesti membuat titik target "tujuan" dengan sejelas jelasnya.
Begini..
Kesalah pahaman kebanyakan orang,
saat akan baru memulai membangun percaya diri adalah mengabaikan arti penting membuat suatu tujuan.
Mereka berfikir agar cepat berubah,maka hal terbaik harus dipelajari adalah melatih gaya berjalan,berbicara,cara duduk dan lain sebagainya.
Ini penting tapi bukan “awal” mesti ditempuh, karena nantinya ditengah perjalanan anda akan capek sendiri.

Tujuan disini satu contohnya misal, saya ingin menjadi pribadi percaya diri dilingkungan kerja, saya melatih kepercayaan diri saat berbicara di depan umum, dsb..

Bayangkan sekarang sekiranya saat anda menyetop taksi, lalu supir nya bertanya “tujuan nya mau kemana pak atau mau kemana mbak?” dan anda “menjawab “entah ya,ah pokok nya saya mau jalan aja dulu.
Jika anda berada di posisi supir taksi itu..
Apa pendapat anda pada penumpang yang menyetop tadi, jika dia sendiri bingung tidak tahu mau kemana.
Hanya karena ingin berubah menjadi lebih percaya diri
tidak lantas akan membuat anda jadi seperti anda inginkan, jadi kaitkan rasa percaya diri itu pada suatu pengalaman yang anda inginkan.
”Pahami tujuan pasti”
itu lah yang membawa anda sampai kesana.
Mengaitkan tujuan disini tidak hanya asal membayang bayangkan dengan biasa biasa saja, anda harus bersungguh sungguh buat secara emosional, agar energi ke konsistenan tidak padam

Ok, saya ulangi lagi, tujuan anda adalah..
ingin meningkatkan percaya diri dalam situsi sosial,
maka rasakan manfaat pada perasaan menyenangkannya ketika anda berada di puncak kepercayaan diri yang tinggi saaat berhasil dengan karir,lawan jenis yang anda tuju,persentase memukau dan lain sebagainya

Atau juga,anda bisa kaitkan, kesusahan apa nantinya, kerumitan apa yang menimpa jika tidak memiliki kepercayaan diri.
Buatlah tujuan secara terulis, itupun jika anda nyaman menulis, tapi bila tidak, cukup meniatkan nya dengan sangaaaat sungguh sungguh.. rasakan getarannya, gugah sisi terdalam hati anda, inilah tujuan yang sedang anda teramat sangat inginkan. Setelah tujuan menjadi jelas, kita masuk langkah kedua

Self talk

Faktanya anda lah orang pertama yang menjatuhkan diri anda sendiri, orang pertama yang mengkritik dan menghukum diri sendiri dengan kebiasaan self talk negatif.

Mungkin anda telah membentuk kebiasaan ini sebagai hasil dari keputusan sadar dan tidak sadar yang dibuat di masa lalu, jika pikiran negatif tentang diri selama ini berasal dari kebiasaan di masa lalu, tentu anda memiliki kekuatan yang sama Sekarang untuk membuat hasil positif dimasa depan, logikanya kan begitu ya,  nah jadi buat juga keputusan berbeda untuk membentuk anda di masa depan. Inilah mindset  Menumbuhkan Percaya Diri yang wajib anda miliki.

cara memprogram ulang otak

Seperti ini..
Yang perlu Anda sadari adalah self talk, itu isinya selalu emosi atau bahasa Inggrisnya emotion.
Layaknya seperti tombol start pada motor atau mobil, yang menggerakkan semua isi mesin dalamnya, hanya menunggu moment untuk ditekan, maka bergeraklah semua mesin tersebut.

Sekilas Self talk adalah hal yang remeh atau enggak penting penting amat, wajar saja banyak yang beranggapan seperti itu, alasannya karena hal ini adalah sesuatu yang lumrah atau malah ada yang skeptis, ah mana mungkin,dsb..

tentu saja itu benar, jika selftalk hanya sesekali di ulang  tanpa tekanan emosional, hal itu memang tidak memberikan pengaruh apapun di fikiran apalagi bisa merubah perilaku.
Tapi pernahkah anda menyadari, jika seseorang tersebut melakukan pengulangan selama ribuan kali, ditambah dengan bahasa penekanan emosional, misalnya “ Saya manusia yang sia sia, selalu gagal” ,anda bisa bayangkan reaksinya? Bisa dipastikan self talk itu akan berubah jadi tombol abadi dalam fikiran alam bawah sadar anda, hanya menunggu aktif kapan pun diperlukan bahkan kadang enggak perlu pun, semua seperti berjalan otomatis.

Sebegitu negatif (mengerikan) nya kah self talk jika ia berada dijalur gelap?

Kita perdalam beberapa saat lagi, tapi sebelumnya agar lebih memahami kaitan self talk, emosi, dan perubahan perilaku, saya akan mengurai nya lebih rinci.

Selftalk juga bisa diartikan sebagai emosi atau emotion. Untuk mendefenisikan kata tersebut, kita akan bagi menjadi dua.

Yaitu : ” e “ dan “ motion”  ..
yang berarti energy in (motion)

Jadi intinya, Self talk pikiran bawah sadar anda merupakan
Energi yang mampu menciptakan gerak (motion)

Sehingga self talk yang ada pada diri anda yang telah menciptakan gerak, kebiasaan,atau apapun tentang perilaku di diri anda dan membawa anda kemana pun yang anda inginkan, terlepas positif maupun negatif, pikiran anda memberikannya pada anda.
Merubah cara berperilaku, persepsi atau realita Anda, langkah pertamanya harus merubah self talk anda dulu, banyak cara mereset atau membentuk ulang, misalnya dari metode pemilihan kata kata, bahasa negasi (penyangkalan) dll..

Yang akan anda ketahui sebentar lagi adalah metode terbaik yang pernah saya bahkan banyak yang sudah menguji cobanya, merasa dapat hasil signifikan  dan metode ini lebih powerfull, saya akan terangkan langkah langkahnya.

1. Menyadari lalu lintas self talk pikiran

Self-Talk, dalam hal ini pengawasan ekstra ketat pada dialog bathin atau fikiran yang melintas, seperti.. bagaimana kalau saya gagal, atau saya terlalu tua, saya terlalu lemah, saya tidak punya uang dan lain sebagainya, inilah self talk berbahaya.

Tapi jika self talk anda masih di arah jalur tujuan, tentu tidak usah dipertentangkan lagi, tapi kebiaasaan nya, selama proses membangun kepercayaan diri lebih kuat, biasanya kita dihadap kan dengan banyak tantangan baik dari dalam diri atau dari luar sekitar, jadi ambil langkah awal sekarang.
Mulai saat ini,jangan kompromikan semua self talk negatif, bila saat ketika terpeleset mengatakan misal, ternyata benar aku tidak mampu, nah benarkan saya bodoh, buktinya mereka tertawa sinis, saya tidak pantas, saya lemah, dsb.

Inilah Selftalk mematikan, jadi anda harus Segera cancel!

Karena bertentangan dengan tujuan awal membentuk program “percaya diri" jadi..
Anda bisa Katakan “Stop disitu, pergilah! ” atau batal batal bataaal ” atau “ Gue biasa aja tuh ”  “ upps tidak bissaa ”, terserah mau memodifikasi bahasanya, yang paling penting, itu memberikan gairah dan anda menyukai variasi bahasa penyangkalannya.

Ucapan seperti ini sekilas seperti sedang main main,tapi ketahuilah,hal ini membuat kita jadi terlatih lebih “peka” sadar bahasa dan akhirnya terbiasa memisahkan, mengeliminasi sampah sampah fikiran masuk.
Jika anda merasa sudah berhasil menghalau monster self talk negatif ini, segera berikan penggantinya, misal “aku selalu gagal, tidak mampu” setelah di “cancel” lalu ganti “ok..setidaknya aku sudah mencoba dan aku paham apa langkah selanjutnya” atau “ini seruu, berarti aku harus mengasah kemampuan lebih” dst..
 Lebih dalam lagi..

Cara mereset pikiran

Jadi misalnya, jika anda merasa gemuk, dan geli melihat paha ini terlalu gemuk lagi besar, sekarang coba lihat dari sudut pandang yang berbeda, yaitu ini adalah paha yang menyehatkan,ada banyak tenaga disini tersimpan, anda bisa bersyukur dengan kondisi paha besar banyak lemak,kenapa? alasannya, karena dengan kondisi seperti itu anda bisa cukup kuat untuk membantu program lari maraton, saya serius..ini bukan joke. anda sedang berlatih bersyukur dan mencintai diri sendiri apa adanya, disini anda sedang melakukan pemaknaan ulang, melihat dari sudut pandang yang berbeda tentang paha menggelambir, penuh lemak, bikin enggak percaya diri.

Ini bukan nya seperti saya disuruh bepikiran positif ya, ?

Ouwh..sekilas memang mirip, tapi ini beda, bukan seperti itu. sebenarnya positif thinking lebih identik dengan teknik "copy paste" alias enggak pakai mikir malah. Saya yakin anda sudah sering melakukan nya, pasti anda pernah merasakan di suatu waktu saat melakukan ritual positif thinking ternyata bagian dari diri anda ada yang berteriak atau berkata kata "Oh tuan, siapa lagi yang kamu bohongi, " begitu seterusnya sampai berharap datang nya keajaiban.

Dalam analogi tentang paha besar tadi, kita dituntut lebih menyadari, menganalisa setiap sampah pikiran yang masuk, memberi arti baru yang lebih ramah pikiran, terlebih lebih rasa syukur, sambil tetap berproses terus meningkatkan percaya diri

Anda juga akan menemukan bahwa setelah beberapa hari melakukan hal ini secara konsisten, Anda akan dapat menguruskan, melumpuhkan pikiran-pikiran negatif sebelum berubah menjadi sesuatu yang lebih besar.

2 Hilangkan kata-kata harus / harus dilakukan

Ini tips tambahan berikutnya saat melakukan self talk, yaitu berhentilah menggunakan kata-kata yang bermakna "pemaksaan" pada diri sendiri, sebagai contoh, ketika mengatur jam alarm di malam hari, alih-alih mengatakan bahwa "Saya harus bangun pagi dan berolahraga," gantilah “ Sekarang saya menyapa pada diri saya sendiri, saya memilih bangun pagi dan berolahraga."

Lakukan saja secara santai tapi fokus, improvisasi anda dibutuhkan dengan sederhana dalam membuat self talk yang memberdayakan tubuh dan jiwa anda.

"Setiap hari kau terbangun dan mendapatkan kesempatan kedua.. melakukan apa yang kau inginkan, untuk menjadi siapa pun yang kau inginkan, satu satunya yang menghentikanmu adalah dirimu sendiri".

Action

Tidak penting bila saat ini anda masih terikat rasa rendah diri, abaikan itu, karena dilangkah action ini, kita mesti bergaya layaknya pribadi percaya diri,baik secara berfikir ataupun secara bahasa tubuh.

Saya akan berikan tips mudah meningkatkan percaya diri, misalnya dari cara berbicara dan berkomunikasi.
“coba ajak ngobrol tetangga atau teman yang selama ini jarang anda ajak komunikasi. Penjaga parkir bisa anda ajak basi basi “say hellow” atau karyawan toko yang melayani pembeli.. Dengarkan musik favorit,cobalah ikut lepas bernyanyi.

dari cara berpakaian, kenakan pakaian yang memang layak,bersih, singkirkan semua pakaian yang membuat anda seperti orang culun, Tampil lah dengan penampilan terbaik.
Bahasa tubuh, Jika selama ini terbiasa berjalan menunduk, tegakkan bahu, beri ekspresi senyum bersahabat, bicaralah sesantai mungkin.

Langkah “action”ini memang sederhana diterapkan,tapi tahukah anda saking sederhananya,banyak juga tidak konsisten mempraktekkan nya,saya tekankan,ini langkah awal penentu hasil akhir berikutnya,alam bawah sadar anda sedang di edukasi mengenal “percaya diri” bukanlah lagi suatu hal asing.
Bergayalah layaknya seorang yang Percaya diri,meskipun faktanya anda masih dalam tahap berproses

Fokus

Ada saatnya  terkadang seperti jenuh,semangat terkadang naik turun,bad mood atau apapun itu,seolah olah anda lelah.. Berdamailah dengan semua itu,jangan dilawan,setelah anda mengikuti 3 langkah diatas..fokus dilangkah terakhir ini dimaksudkan lebih adalah mengambil “jeda” atau heniiingg.. Anda bisa bicara dengan sang pencipta dengan Doa setelah shalat tahajjud, jika anda beragama islam.
Ataupun jika beragama khatolik, hindu,budha,kristen..saya yakin pasti ada momen dimana anda bercerita dengan perantara doa dengan sang pencipta. Mintalah selalu untuk dikuatkan
Bicaralah saat ini anda sedang berusaha, agar di mudahkan..percaya diri dalam situasi sosial,negosiasi,tampil sebagai pembicara atau pada situasi lainnya,kaitkan tujuan yang sudah di buat kesemua aspek kehidupan.ceritakan semua itu.
Intinya  program “FOKUS” disini memang mesti ada dan wajib,setelah sebelumnya anda mengikuti langkah langkah “TUJUAN, SELF TALK, ACTION.
Atur waktu,tidak mesti setiap hari,walaupun setiap hari itu disarankan..sekali seminggu juga bisa,durasi nya bisa lebih kurang 10 menit atau lebih.

Kesimpulan

Merekonstruksi ulang TUJUAN anda, Self Talk anda, Action, dan tetap  Fokus, 4 metode ini,saya jamin, membantu anda membangun percaya diri, anda akan terus lebih berkualitas dari hari hari kemarin. Jika anda  memang bersungguh sungguh, di minggu ke 5, saya yakin anda akan rasakan peningkatan kepercayaan diri yang terus tumbuh.

Menutup kesimpulan tulisan ini,saya ambil satu kutipan dari salah seorang Maestro hipnotherapi terbaik di dunia Dr Milton H Erickson. Dalam metode penanganan nya, beliau sering memberikan sugesti:

“Saya bahagia berteman dengan mereka yang bisa mempertahankan pemikiran besarnya, karena itu adalah sebuah keyakinan akan pemikiran, yang akan membawa mereka ke hal terbaik, hal terbesar. Juga menikmati hal  hal terindah dan menakjubkan pada kehidupan yang sedang mereka jalani.”

*Cara meningkatkan percaya diri

Update of Carsnewton post – Jun 24, 2019

Komentar