Langsung ke konten utama

Menghilangkan Rasa Malu Berlebihan-Minder (Bahkan Jika Anda Pribadi Pendiam)

Menghilangkan Rasa Malu Berlebihan

Menghilangkan rasa malu berlebihan, Hari ini saya akan akan berbagi rahasia yang meningkatkan rasa kepercayaan diri anda mengatasi minder, gugup, grogi atau apapun itu istilah nya, yang membuat seseorang kehilangan daya untuk memaksimalkan semua potensi terbaik yang ada pada dirinya.

Apakah anda sedang mengalami hal seperti yang disebut kan dibawah ini:
  • Lebih banyak diam dalam diskusi, rapat kerja, atau di kelas karena minder, takut, gugup untuk bicara.
  • Anda tertarik dengan seseorang, tapi entah kenapa anda selalu merasa serba salah, bahkan memutuskan menghindar berbicara atau saat melihat seseorang tersebut berjalan ke arah Anda, Anda panik, memikirkan cara untuk tidak melewati nya?
  • Di lingkungan kerja,anda mungkin jarang melintasi ruangan nya, karena alasan jarang,anda selalu coba mengindar berbicara karena sungkan
  • Ingin menepis rasa grogi terhadap lawan jenis terhadap lelaki / wanita
Dimanapun posisi anda pada situasi yang sudah disebutkan diatas. Dalam hal ini, tentu saja perilaku dengan cara menghindari situasi yang menjadi sumber dari ketakutan tidak akan membantu, hal ini hanya memperkuat dan memperburuk perasaan rendah diri.
Artikel ini akan membahas teknik yang relevan pada berbagai situasi agar lebih percaya diri, bahkan bila selama ini anda merasa adalah seorang dengan kepribadian introvert, pendiam sekalipun.

Ketika sering merasa minder, grogi, benarkah di sebabkan karena karakter tertentu?

Tidak benar.

Sebelumnya saya tadi sudah menyinggung sedikit tentang introvert, lalu apakah introvert adalah orang yang selalu memiliki perasaan minder berlebihan? Walau sekilas seperti jawaban nya adalah "YA"  tapi sesungguhnya, tidak sama sekali, tidak perduli anda adalah orang yang memiliki kepribadian INTROVERT atau EKSTROVERT, kepercayaan diri adalah hak semua manusia.

Banyak yang jika ditanya, " kamu ekstrovert atau introvert " biasanya orang cenderung menjawab kalau dia adalah "ekstrovert",  alasan.. Karena mereka menganggap tipe ekstrovert terlihat lebih keren, percaya diri, gampang bergaul dan lain sebagainya, seakan jika ada yang memiliki kepribadian introvert, maka rasa percaya dirinya akan suram. Padahal fakta nya di dunia ini persentase populasi dua karakter tersebut seimbang ( fifty persen.) Mungkin sekarang anda berfikir, tapi orang Introvert kan memang orang nya pendiam, suka menyendiri, suka bekerja sendiri daripada harus kerja dalam Team/kelompok, tidak memiliki banyak sahabat, tapi jika mempunyai nya maka hubungan persahabatan akan sangat erat. Wajar dong perasaan minder, melekat pada mereka.

Nah,disinilah letak bias nya, karena selama ini definisi percaya diri sering di persepsikan kebalikan dari yang sudah disebutkan diatas.

Agar lebih jelas saya akan berikan satu ilustrasi kisah nyata sahabat saya  Sebut saja nama nya Arizal dan ini memang nama sebenarnya.. Di awal mengenal nya, dengan cara bicara seadanya, seperlunya. Tidak banyak menyela saat diskusi, sangat fokus mengamati, demikian juga menyatakan pendapat, cenderung datar kurang ekspresif, meskipun begitu, ia adalah pendengar yang baik.

Tujuan awal dia penasaran mengenal saya (Privat Coach), adalah ingin meningkatkan rasa kepercayaan diri di level maksimal, mengatasi minder dan grogi, baik didepan umum terutama dengan lawan jenis, karena kebetulan saat itu dia sedang naksir berat teman wanita kampus nya.

Singkat cerita, arizal berhasil bertransformasi menjadi percaya diri dan tidak pemalu. Tapi tentu saja itu bukanlah suatu hal instan, proses ini dilalui nya sangat serius dengan latihan dan disiplin.

Lalu saat menjadi percaya diri dan berani apakah karakter ia berubah menjadi seorang ekstrovert, tentu saja tidak, Arizal tetap seorang dengan kepribadian introvert, yang membedakan nya sekarang adalah, dia tetap tenang saat dikeramaian, tidak lagi merasa tertekan saat berinteraksi dengan orang baru, kalau saya katakan dan mungkin ini agak sedikit berlebihan, Arizal adalah seorang Introvert kharismatik.. memiliki empati yang begitu dalam dan memiliki jiwa sosial yang tinggi.
Jadi, apapun karakter yang anda miliki baik Introvert atau Ekstrovert, menghilangkan rasa malu berlebihan, semua itu tergantung seberapa serius anda mampu meningkatkan percaya diri pada level tertinggi yang anda mau.

Membedah rasa malu yang irrasional

Hampir bisa dikatakan, setiap tindakan yang dilakukan secara sadar atau tidak sadar biasanya selalu di landasi karena oleh emosi tertentu. Tak terkecuali rasa malu berlebihan, karena umumnya sering  dialami seseorang saat merasa tidak percaya diri, emosi yang terpicu adalah emosi takut, sedih, dan malu.

Emosi adalah efek dari pikiran bawah sadar, suatu dorongan untuk bertindak, layaknya seperti sistem pemandu atau pengingat dini secara alami juga merupakan bentuk komunikasi dengan pikiran sadar.
Bukan berarti emosi malu tidak baik, karena pada dasarnya semua emosi adalah baik.
Misalnya dalam konteks yang kita bahas saat ini, rasa malu memiliki manfaat yang besar bagi kita, manusia. Dengan rasa malu, manusia bisa lebih beradab. Bayangkan apabila kita tidak memiliki rasa malu, kira-kira, apa yang terjadi? jadi tergantung sudut pandang seseorang dalam menyikapinya.

Begitupun, apabila rasa malu menjadi sangat berlebihan alias irasional, maka tentu saja kita perlu membuangnya. Rasa malu yang irasional dimaksudkan disini adalah rasa malu pada sesuatu yang sebenarnya bukan suatu ancaman serius seolah olah nyawa adalah taruhan nya, sebagai penghambat kesuksesan, bahkan menjadikan anda berada pada situasi negatif, cemas, takut,gugup, hilangnya harapan atau tidak berdaya.

3 Formula menghilangkan rasa malu  berlebihan ini

1. Progressive Desensitization

Jika menghindar dan melarikan diri bukan solusi menghilangkan sifat pemalu, maka anda harus melakukan langkah sebaliknya yaitu Hadapi sumber ketakutan itu. Dalam langkah Progressive Desensitization, anda dituntut secara bertahap menantang rasa takut tersebut untuk melatih percaya diri.

Mulailah bertahap, keberanian seperti membangun otot pada tubuh

Jika anda pernah ke pusat kebugaran atau tempat fitnes, tentunya anda pasti paham struktur membentuk otot tubuh yang baik dan benar. Antara bagaimana mengasah mental percaya diri dan bagaimana Anda melatih otot tubuh hampir bisa dikatakan filosinya sama, sama sama diawali dengan latihan yang mudah terlebih dahulu. Jika ingin menjadi lebih berotot tetapi Anda tidak pernah mengangkat beban, konyol rasanya jika mencoba  mengangkat beban 50 kg pada latihan pertama, tentu anda akan memulai dengan beban yang jauh lebih ringan. Dan seiring waktu, saat sudah terbiasa. Perlahan Anda akan menambah bobot berat angkatan latihan.
  • Pada situasi sosial misalnya untuk cara menghilangkan rasa malu terhadap lawan jenis terhadap lelaki atau wanita, jika Anda terlalu takut memulai percakapan dengan seorang di jalan, Anda dapat memulai dengan sesuatu yang lebih mudah, seperti menanyakan arah jalan.
  • Cara mengatasi rasa malu di depan umum, anda selama ini pemalu berbicara pada suatu diskusi kelompok atau rapat kerja,maka tantang diri anda dengan mengajukan pertanyaan, buat pertanyaan pendek lalu ajukan,terserah apapun jawabannya, anda cukup tenang saja..beberapa kali melakukan langkah ini, jika mulai terbiasa,berikan pertanyaan yang lebih kompleks.
  • Atau menyukai seseorang, anda terbiasa menghindar, maka di kesempatan berikutnya, jika bertatap muka, coba berikan senyum, dilain waktu anda mungkin bisa menyapa nya dengan mengatakan “ hai” atau “darimana”, buat komunikasi singkat, sampai anda cukup merasakan perubahan intesitas gugup mulai turun,jika sudah terbiasa, tekan diri anda agar semakin bernyali mengajak berkomunikasi, abaikan apapun responnya, karena saat ini tujuan anda melepaskan perasaan tidak percaya diri,menghilangkan sifat pemalu berlebihan. Bukan membuat dia jatuh cinta.
Dan begitu seterusnya.

Masih tentang cara mengatasi rasa malu berlebihan dan rendah diri

Analogi membangun otot tubuh, proses latihan dilakukan bertahap, selangkah demi selangkah dan secara teratur. Jika selama ini anda biasa menghindari situasi yang penuh tekanan, hal ini hanya akan terus melemahkan mental anda dari waktu ke waktu. Otot keberanian Anda akan berhenti berkembang. Di sisi lain, jika kosisten terus melatih otot keberanian Anda setiap hari, maka anda tidak hanya akan mempertahankan massa otot tapi juga lebih memperkuatnya. Jadi inti dari teknik Progressive Desensitization adalah tahapan mengekspos diri yang dilakukan terus menerus dengan langkah langkah kecil agar anda semakin peka dan terbiasa, inilah kunci mengatasi rasa gugup saat berbicara, grogi dan menghilangkan rasa malu berlebihan. Jadi inti dari teknik Progressive Desensitization adalah tahapan mengekspos diri yang dilakukan terus menerus dengan langkah langkah kecil agar anda semakin peka dan terbiasa, inilah kunci mengatasi  minder, gugup saat berbicara dan grogi

Investasikan waktu pada Orang Lain

Percaya diri dengan orang yang sudah anda kenal sebelumnya bukanlah hal sulit,tapi tidak dengan orang yang baru dikenal.
  • Cara berikutnya menghilangkan sifat pemalu berlebihan adalah dengan melangkah keluar dari zona nyaman, Jangan terlalu banyak berpikir menganalisa atau yang lebih parahnya lagi mencoba menyendiri, keluarlah dan temukan peluang untuk terlibat dalam setiap percakapan.
  • Singkirkan terlalu terpaku,terfokus pada kelompok tertentu baik laki-laki / perempuan yang menunjukkan minat sedikit pada Anda.
  • Sebarkan kepribadian anda pada semua orang, agar rasa percaya diri anda akan semakin meningkat dan anda juga akan lebih diperhatikan.

Sentuh hatinya dengan mata

Menghindari kontak mata ketika berbicara dengan orang lain. Mungkin Anda tidak menyadarinya tetapi Anda tetap melakukannya. Membuat kontak mata penting karena menunjukkan bahwa Anda memberikan perasaan berharga/rasa hormat, dengan orang yang ada didepan anda. Bisa anda bayangkan, bagaimana rasanya jika lawan bicara kita ajak ngobrol tapi mata nya sibuk jelalatan entah kemana, meski dia mendengar dan merespon, tapi tetap saja itu sangat menjengkal kan, begitu penting nya kontak mata, dan jika selama ini anda tidak terbiasa, maka ini pemanasan latihan untuk anda:
  • Saat berbelanja dan menuju meja kasir, sambil anda menanyakan harga barang yang anda beli,coba pause sejenak,lihat matanya. 4 detik cukup.
  • Anda suka anak kecil? Mungkin keponakan, ya anak kecil bisa melatih anda melatih kontak mata dengan baik, selalu perhatikan mata mereka saat berkomunikasi,  pandangan mereka yang polos dan bahagia tanpa ekspektasi bisa secara tidak langsung melatih sorot mata anda terasa menyenangkan.
  • Alternatif lainnya, dengan saudara, teman yang sudah dikenal, bisa anda jadikan sarana melatih mempertahankan kontak mata .
Catatan penting. Dilarang keras terlalu lama terpaku melakukan kontak mata jika anda tidak ingin dianggap aneh.

Melatih suara : cara menghilangkan rasa gugup yang berlebihan

Selain salah satu cara mengatasi rasa malu berlebihan latihan menyadari suara adalah langkah alternatif efektif berikutnya menghilangkan rasa malu, minder dan rendah diri . Jadi, tetaplah menyadari setiap nada suara saat berbicara, jika Anda tidak melakukan nya dengan penuh energi, orang akan merasa sulit untuk mendengarkan dan mengartikan apa yang Anda katakan, seperti ciri khas orang yang pemalu kadang gagap gugup berbicara.

Lalu bagaimana cara terbaik melatih artikulasi bicara? adalah dengan mendengarnya sendiri. Coba rekam suara anda saat bernyanyi, tentunya dengan lagu yang anda sukai, 2 menit cukup. Putar ulang,dengarkan kalimat demi kalimat, apakah setiap kata yang anda ucapkan terdengar jelas?
  • Apakah anda bisa merasakan perbedaan bunyi huruf “M” dengan “N” ?
  • pengucapan huruf “S” dengan dengan desis yang jelas?
  • Pengucapan huruf vokal “A, I, U, E, O “ apakah terdengar jernih ?
Jika belum Rekam ulang. Nada suara anda terdengar Fals, keluar dari jalur nada? Tidak mengapa, ini bukan untuk latihan menjadi penyanyi profesional, tapi salah satu latihan artikulasi suara agar jelas enak di dengar. Mengapa dengan merekam suara adalah cara yang sangat efektif, karena sudah banyak yang melatih cara seperti ini dan hasilnya memuaskan, dan saya sangat menyarankan hal ini, selain akan lebih mudah bagi anda untuk memperbaiki cara berbicara. Anda akan menemukan kekurangan dengan menganalisa rekaman suara sendiri.
Sebagai tambahan referensi, di youtube banyak bertebaran teknik teknik mengolah vokal, dari cara menjernihkan suara, cara suara menjadi merdu, cara suara bagus saat bernyanyi, cara menemukan karakter vokal sendiri, cara bicara dengan suara perut, anda bisa jadikan rujukan, pilih salah satu saja, jangan terlalu banyak mencari cari, pilih mana yang menurut anda nyaman dan praktekkan.

Jadi Apakah hanya 3 langkah itu saja sudah cukup untuk menghilangkan sifat pemalu minder dan rendah diri ? "Tergantung " jika anda langsung praktekkan,kemungkinan besar anda akan merasakan hasilnya segera.

Sebagai penutup pragraf ini, ada baiknya anda tidak lagi melakukan kebiasaan berikut

Ekspektasi

Penyumbang terbesar dari perasaan kecewa, patah hati,galau dan sejenisnya adalah ekspektasi yang tidak sesuai dengan kenyataan. Mengharapkan orang terkagum kagum dengan tatapan mata anda, mendapatkan tepuk tangan saat menunjukkan betapa mahir nya anda dalam melakukan sesuatu, itu menyenangkan, tapi tepis semuanya, karena itu cuma bonus bukan tujuan anda. Atau ...Terlalu berekspektasi diawal awal ketika membangun hubungan, berharap semua nya lancar tapi ternyata anda di tolak, tentu saja itu meyakitkan, sebenar nya bukan penolakan itu yang membuat anda sakit, tapi anda terlalu tinggi melambung lambungkan harapan lah yang membuat anda kecewa. Jadi, bersahabatlah dengan waktu bukan bersahabat dengan ekspekatasi, kontrol diri anda,kontrol harapan anda, itu yang terpenting, sampai nanti anda benar-benar lebih banyak mengenal seseorang itu.

Menghabiskan waktu menganalisa dan menimbun informasi

Menjadi percaya diri itu bukan menghapal hapal semua teori, itu harus di lakukan, Praktekkan. Semua metode atau teknik pengembangan diri, apa pun caranya dan apa pun langkah langkah prosedurnya, selalu berangkat dari pernyataan sederhana berikut ini: “Pengalaman adalah guru terbaik.” Tapi ada sifat umum pada orang-orang yang suka menimbun teori, dan banyak dari mereka memiliki tingkat kepercayaan diri dan keterampilan sosial yang begitu menyedihkan. Anda tahu paham alasan nya mengapa? Itu karena mereka hanya terlalu lama mendekam, menimbun informasi, Karena tanpa melatih diri, apa yang kita baca hanya akan menjadi pengetahuan sementara--yang akan segera kita lupakan lagi beberapa waktu kemudian. Hanya dengan kesediaan melatih diri, kita menjadikan pengetahuan itu sumber perubahan.

Akhirnya, saya hanya ingin mengingatkan lagi, intinya semua emosi adalah baik, kita menyadari semua manusia pada dasarnya pasti memiliki rasa percaya diri, hanya kadar nya saja yang berbeda beda, pada beberapa orang kadar rasa percaya diri mungkin bisa saja berkurang karena faktor eksternal atau internal nya, indikator nya jelas, saat anda sudah terlalu sering tidak berdaya akan rasa malu yang berlebihan, lebih banyak minder dalam bergaul, maka saat itu sebenarnya alam bawah sadar anda memberikan sinyal, kode keras kalau tubuh dan fikiran anda sedang bereaksi pada ketidak nyamanan, krisis kepercayaan diri yang menunjukkan eksistensinya dengan rasa minder berlebihan, hal ini hanya akan jadi boomerang dimasa mendatang, mempersulit anda pada banyak aspek kehidupan. Maka tidak ada cara lain, juga tanpa harus berasumsi kapan ya waktu yang tepat untuk memulainya, tentu saja jawabannya adalah hari ini, sekarang. Mengatasi-  menghilangkan rasa malu berlebihan untuk anda segera bertransformasi menjadi lebih percaya diri.

Komentar