Langsung ke konten utama

Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Malu [Tidak Percaya Diri] Dan Rasa Takut

Menghilangkan Rasa Malu Berlebihan

Cara menghilangkan rasa malu (Tidak Percaya Diri) dan rasa takut- Orang yang  memiliki perasaan tidak percaya diri adalah mereka yang selalu konsisten menilai diri nya sebagai orang kurang menarik, lalu bagaimana dengan orang yang memiliki sifat (rasa) malu berlebihan ?

Adakah perbedaan antara orang pendiam dan pemalu secara signifikan?

Kenapa ada orang jadi pemalu ?

Bawaan lahir atau karena karakter tertentu?

Bagaimana cara menjadi percaya diri dan tidak pemalu..

Dan akan terlalu banyak pertanyaan seputar rasa malu berlebihan ini jika diuraikan..

Saya menjamin informasi kali ini akan jadi peta fokus yang mengarahkan anda untuk meningkatkan kepercayaan diri . Enggak ada efek samping, yang anda butuhkan hanya jantung yang sehat agar sukses menjalankan semua  tips teknik  relevan pada berbagai situasi, bahkan bila selama ini anda merasa anda adalah seorang dengan kepribadian pendiam sekalipun.

Mari kita mulai..
Orang dengan sifat pemalu merasa sulit untuk mengekspresikan diri secara bebas, merasa tidak nyaman – memulai percakapan di sekitar orang lain.
Seseorang merasa dengan tingkat rasa malu berlebih percaya bahwa ada sesuatu yang 'salah' dengan dirinya tanpa orang mesti tahu.

Kenapa orang jadi pemalu dan tidak percaya diri? Adakah tips cepat agar tidak pemalu dan pendiam

Jika anda saat ini anda sedang mencari tips tercepat agar tidak pemalu dan pendiam, maka dengan berat hati saya menjawab, tidak ada cara instant untuk mengatasinya. Segera anda akan mengerti setelah paham apa penyebab orang jadi pemalu secara berlebihan.

Faktor lingkungan, didikan keluarga atau faktor trauma, bisa menjadi penyumbang pola pikir orang menjadi sangat pemalu, begitupun secara umum orang dengan sifat pemalu biasanya disebabkan karena “merasa takut salah” dan pada situasi baru (mis pengalaman pertama), itu bisa berarti, tempat atau orang yang baru dikenal, respon yang sering terjadi adalah menarik diri dengan cara lebih banyak diam, grogi, atau hening mengamati. intinya otak mencoba beradaptasi pada situasi tersebut.

Bandingkan saat berada di zona nyaman, ketika di mana Anda tahu bahwa semua orang mencintai dan menerima Anda (di rumah), sudah pasti rasa malu berlebih tidak akan terjadi.
Lalu bagaimana jika penyebab rasa malu karena perasaan traumatis? Jawaban ini akan jadi bisa sangat panjang, saya akan buat artikel khusus tentang ini dilain waktu.

Cara menghilangkan rasa grogi takut malu berlebihan

Memprogram ulang otak dengan pemikiran berbeda.

Komputer saat terinfeksi virus, yang pertamakali dilakukan adalah membersihkan nya - di reset, agar beroperasi dengan benar. Otak pun begitu, persis sama. kita wajib membenahi sistem operasi  otak bekerja. Memperbaiki persepsi Anda sendiri tentang bagaimana orang lain memandang Anda dan mengenalkan (membiasakan) kepada pikiran bawah sadar bahwa prasangka negatif yang menghantui tidaklah seperti yang di bayangkan, ini adalah metode awal yang mesti dibuat sebelum nanti masuk kelangkah berikutnya. Jika anda sudah yakin atau setidaknya kini sudah ada setengah keyakinan yang  mengguncang pikiran negatif tersebut, tanpa perlu menunda waktu lagi, kita masuk ke metode kedua.

Take Action.

Mengambil tindakan, saran ini sepertinya sudah tidak asing anda dengar, tapi memang beginilah alurnya, anda tidak bisa menepisnya, tidak ada pil ajaib, atau berharap semuanya beres hanya dengan berharap harap cemas, dan tahukah anda, dan sesungguhnya ini adalah rahasia, saraf otak anda meng"implant" ketrampilan baru dengan mesti dengan beradaptasi pada gerakan tubuh atau istilah gampang nya,mempraktekkan, memberanikan diri, LATIHAN.

Bisa anda bayangkan sekarang, cukup dengan membaca buku resep makanan terbaik di dunia katakanlah anda sudah berbulan bulan membacanya, hanya membaca. Kemudian apakah setelahnya anda berubuah menjadi master "chef"?

Atau saat ini anda melakukan program cara menurunkan berat badan_ menaikkan level kesehatan dan kebugaran, ini tidak cukup hanya dengan mengatakan, "Baiklah, aku akan bugar," tapi anda lebih banyak menghabiskan waktu nyantai, ngemil, terlentang di sofa.

Anda mesti pergi ke gym atau menaiki turun tangga atau bersepeda, Anda harus melakukan sesuatu untuk mengaktifkan otot agar optimal membakar lemak leher dan perut,saya jamin setelah itu jantung lebih punya power menyemburkan energi keseluruh tubuh.

Ambil tindakan yang berlawanan dengan ketakutan. 

Inilah yang seharusnya lakukan, memberanikan diri menghadapi secara langsung ketakutan yang mengakibatkan anda menjadi pemalu, enggak mesti terburu buru, terpenting lakukan secara bertahap namun konsisten. Proses latihan ini bertujuan agar anda semakin peka dan terbiasa.

Seperti halnya para pemula membentuk otot tubuh yang baik dan benar. Bisa akan konyol langsung mencoba  mengangkat beban 50 kg di latihan pertama, saya pastikan anda patah. Lebih masuk akal memulainya dengan beban ringan. setelah terbiasa. Perlahan Anda akan menambah bobot berat beban latihan.

Pada situasi sosial misalnya untuk cara menghilangkan rasa malu terhadap lawan jenis terhadap lelaki atau wanita, jika Anda terlalu takut memulai percakapan dengan seorang di jalan, Anda bisa memulai dengan sesuatu yang lebih mudah, seperti menanyakan arah jalan.

Cara mengatasi rasa malu di depan umum, anda selama ini pemalu berbicara pada suatu diskusi kelompok atau rapat kerja, maka tantang diri anda dengan mengajukan pertanyaan, buat pertanyaan pendek lalu ajukan,terserah apapun jawabannya, anda cukup tenang saja..beberapa kali melakukan langkah ini, jika mulai terbiasa, berikan pertanyaan yang lebih kompleks.

Atau menyukai seseorang, anda terbiasa menghindar, maka di kesempatan berikutnya, jika bertatap muka, coba berikan senyum, dilain waktu anda mungkin bisa menyapa nya dengan mengatakan “ hai” atau “darimana”, buat komunikasi singkat, sampai anda cukup merasakan perubahan intesitas gugup mulai turun, jika sudah terbiasa, tekan diri anda agar semakin bernyali mengajak berkomunikasi, abaikan apapun responnya, karena saat ini tujuan anda melepaskan perasaan rendah diri, menghilangkan sifat pemalu berlebihan. Bukan membuat dia jatuh cinta.

Berlatihlah berbicara dengan orang lain, paksa diri Anda untuk memulai percakapan tetapi jangan juga memaksakan diri ke dalam percakapan yang tidak Anda minati hanya demi 'merasa pas'
Dan begitu seterusnya..

Tidak ada teknik yang terlalu berlebihan dalam hal ini, anda hanya perlu memulai dari hal termudah lebih dahulu.

Metode diatas sebenarnya kamuflase dari teknik perogresive Desensitization- Systematic desensitization, ya begitulah..abaikan saja istilah diatas, yang terpenting sekarang kencangkan sabuk pengaman anda, karena sebentar lagi anda akan berpetualang melewati jalanan gelap perasaan rendah diri.

Mengakhiri pragraf ini, kita membahas sedikit tentang hubungan “ karakter” perbedan sifat pemalu pendiam.

Karena banyaknya berkembang informasi seputar introvert akhir akhir ini dikaitkan dengan sifat pemalu, maka kita akan bahas secara singkat saja.

Banyak yang jika ditanya, " kamu ekstrovert atau introvert " orang cenderung menjawab kalau dia adalah "ekstrovert",  alasan.. Karena mereka menganggap tipe ekstrovert terlihat lebih keren, enggak grogian, gampang bergaul dan lain sebagainya, seakan jika ada yang memiliki kepribadian introvert, maka kepercayaan dirinya akan suram.

Padahal fakta nya di dunia ini persentase populasi dua karakter tersebut seimbang ( fifty persen.) Mungkin sekarang anda berfikir, tapi orang Introvert kan memang orang nya pendiam, suka menyendiri, suka bekerja sendiri daripada harus kerja dalam Team/kelompok, tidak memiliki banyak sahabat, Wajar dong perasaan grogi, melekat pada mereka.

Nah,disinilah letak bias nya, karena selama ini definisi kepercayaan diri sering di persepsikan sebagai yang rame, banyak cakap, kebalikan dari yang sudah disebutkan diatas.

Agar lebih jelas saya akan berikan satu ilustrasi kisah nyata sahabat saya.  Sebut saja nama nya Arizal dan ini memang nama sebenarnya.. Di awal mengenal nya, dengan cara bicara seadanya, seperlunya.
Tidak banyak menyela saat diskusi, senang mengamati, cenderung datar kurang ekspresif, meskipun begitu, ia adalah pendengar yang baik.

Tujuan awal dia penasaran mengenal saya (Privat Coach), adalah ingin meningkatkan rasa kepercayaan diri di level maksimal, mengatasi gugup dan grogi, baik didepan umum terutama dengan lawan jenis, karena kebetulan saat itu dia sedang naksir berat teman wanita kampus nya.

Singkat cerita, arizal berhasil bertransformasi melenyapkan perasaan minder yang puluhan tahun mengikatnya. Tapi tentu saja itu bukanlah suatu hal instan, proses ini dilalui nya sangat serius dengan latihan dan disiplin.

Lalu saat menjadi percaya diri dan berani apakah karakter nya berubah menjadi seorang ekstrovert, tentu saja tidak, Arizal tetap seorang dengan kepribadian introvert, yang membedakan nya sekarang adalah, dia tetap tenang saat dikeramaian, tidak lagi merasa tertekan saat berinteraksi dengan orang baru, kalau saya katakan dan mungkin ini agak sedikit berlebihan, Arizal adalah seorang Introvert kharismatik.. memiliki empati yang begitu dalam dan memiliki jiwa sosial tinggi.

Jadi, apapun karakter yang anda miliki baik Introvert atau Ekstrovert, menghilangkan rasa rendah diri, grogi semua itu tergantung seberapa serius mengubah arah cara berfikir anda.

Tidak perduli anda adalah orang yang memiliki kepribadian INTROVERT atau EKSTROVERT, menjadi percaya diri itu adalah pilihan atau jika dispesifikkan, menghilangkan sifat pemalu/pendiam adalah suatu keputusan sadar, memang hanya karena kita memutuskan besok jadi orang yang percaya diri bukan berarti kita langsung berubah, bukan seperti itu, setidaknya pola pikir anda sekarang sudah putar arah menuju perubahan.

Tentu saja Anda tidak serta merta berubah jadi medan magnet yang menarik perhatian tampak menawan ketika pertama kali berlatih, tetapi, sekarang anda menyadari tidak akan pernah lagi anda membiarkan kesalahan menghalangi, jadi cara ampuh menghilangkan perasaan rendah diri yang selama ini mengikat anda adalah dengan berani menghadapi langsung sumber ketakutan tersebut.

Seiring berjalannya waktu, Anda akan meminimalkan kesalahan, latihan, niat, doa..usaha tidak akan menipu hasil, saya pernah merasakan tidak enaknya menjadi orang yang pemalu, rendah diri, ah mengingat nya saja saya sesak, tapi ya itu, sampai nanti dihari mendatang, saat itu Anda merasa lebih santai dan ringan tanpa mesti bermasalah dengan ketakutan sosial, grogi atau malu berbicara dengan orang lain atau hal yang selama ini menghalangi anda bertransformasi menjadi diri yang terbaik.


Artikel terkait Cara Menghilangkan Rasa Malu Takut:

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri (Cara Kekal Menjadi Percaya Diri)

Komentar