Langsung ke konten utama

Cara menjadi Percaya Diri: 2 Faktor Pembentuk Kepercayaan Diri

Cara menjadi Percaya Diri: 2 Faktor Pembentuk Kepercayaan Diri- Jika saat ini anda sedang mencari cara membangun rasa percaya diri. Dan ingin segera menyingkirkan masalah lepas dari kebiasaan:
Minder, rendah diri
Sering menyalahkan diri sendiri
fokus pada hal negatif
Takut mengambil risiko
Susah mempercayai orang lain
Selalu merasa tidak ada yang menyukai
Enggan menerima tantangan baru
Terlebih dahulu kita harus tahu faktor pembentuk "konsep diri" negatif itu terjadi. Ini penting, agar kita bisa lebih mudah merekonstruksi ulang konsep cara percaya diri yang terlanjur rapuh (negatif), menjadi konsep kuat pada mindset.

Cara percaya diri dengan menguatkan Self image

Citra diri yang buruk

Tahukah Anda bahwa banyak orang berpikir bahwa mereka jelek hanya karena mereka memiliki citra diri yang buram dan bahkan walau sebenarnya mereka bukan karena mereka benar-benar terlihat jelek.

Self image atau Citra diri bisa disebut pula "Cermin diri" .
Adalah saat melihat juga berpikir mengenai diri sendiri pada waktu sekarang ini.
Anda akan senantiasa melihat kedalam cermin ini untuk mengetahui bagaimana harus bertindak atau berlaku pada suatu keadaan tertentu. Anda akan selalu menilai, bertindak dan bersikap sesuai dengan gambar yang muncul pada cermin diri sendiri.

Bagaimana citra diri yang buruk ini terbangun dalam fikiran?
image ini kemungkinan besar terbentuk sebagai hasil dari kritik yang diterima bisa dari penampilan atau jika selalu dipanggil dengan nama seperti hai  "bodoh"  dll..

ketika itu anda masih 5 sampai 8 tahun, maka kata-kata ini sudah berubah menjadi kepercayaan maka Anda, mungkin percaya bahwa Anda benar-benar bodoh.

Misalnya bila melihat diri didalam "cermin diri" sebagai orang percaya diri,tenang dan mampu menghadapi problematika kehidupan dalam kondisi apapun. Maka setiap kali melangkah ke depan anda akan merasa LEBIH optimis, tenang dan mampu. Selalu positif dan gembira, berprestasi dan mendapatkan hal apapun yang diinginkan dalam hidup lebih MUDAH.

Dan apabila ternyata jika ada sesuatu hal yang membuat anda tidak berhasil. Maka anda mengabaikan kegagalan tersebut dan menganggap bahwa itu hanyalah suatu kondisi bersifat sementara, karena nantinya anda pasti berhasil melewatinya. Ini semua disebabkan "self image" anda sangat jelas. Begitu juga sebaliknya,Segala sesuatu dalam hidup yang di inginkan entah mengapa Terhambat dan tidak mendapat hasil OPTIMAL. Anda lebih mudah menggerutu , membenci hidup dan menyalah-nyalahkan faktor lain. Penyebabnya  karena "citra diri" buram (negatif)
Intinya Citra diri adalah bagaimana kita melihat diri secara keseluruhan.

Harga Diri ( Self Esteem)

Komponen lanjutan tentang cara menjadi percaya diri adalah dengan berusaha semaksimal mungkin meningkatkan harga diri. Merupakan komponen yang bersifat emosional dan dalam menentukan sikap dan karakter. Harga diri merupakan kunci mencapai keberhasilan hidup juga bagian penting agar memiliki kemampuan paham tentang cara percaya diri yang stabil.

Juga didefinisikan sebagai seberapa suka anda terhadap diri sendiri.
Semakin anda menyukai diri sendiri, menerima, dan menaruh rasa hormat sebagai seseorang berharga dan bermakna , maka semakin tinggi harga diri semakin anda merasa sebagai orang  berharga maka anda semakin bersikap Positif dan bahagia.

Harga diri menentukan semangat, antusiasme dan motivasi diri

Harga diri adalah penentu prestasi dan keberhasilan. Orang dengan harga diri tinggi memiliki kekuatan pribadi luar biasa besar dan akan bisa berhasil melakukan apa saja dalam hidupnya. Jadi, diri ideal adalah mereka termotivasi menjadi SESUATU orang BERHARGA Di masa mendatang. Diri ideal menentukan arah hidup, pertumbuhan dan evolusi. Kualitas diri ditentukan oleh hubungan ideal antara self image dan self esteem.

Cara agar percaya diri itu terletak pada..

SELF ESTEEM, Setelah Mental Percaya Diri benar benar meningkat, apapun langkah ke depan yang anda inginkan akan benar benar mudah diraih. Namun sebaliknya, jika mental Kepercayaan diri  masih Cacat dan minus apapun perencananaan dalam hidup hanya akan berakhir sia-sia.
Lalu apa yang menyebabkan itu semua

Mengapa manusia memiliki tingkat Self Esteem yang Rendah?

faktor-faktor kecil apa saja pendukung sebab musabab awal dan membentuknya menjadi HAL Yang sangat merugikan di masa mendatang? Keyakinan tentang diri sendiri bisa terbentuk dari fakta keluarga dan lingkungan, meskipun di lain sisi ada juga faktor  penentu lain yang belum anda pahami, namun kecenderungan umum berasal dari keluarga dan lingkungan.

Citra diri dan Self Esteem didasarkan pada segala hal pengalaman yang terjadi dalam hidup baik itu pengalaman dari kecil, remaja hingga dewasa, dan segala pengalaman yang dimiliki secara sadar maupun tidak sadar sudah membentuk siapa anda.

Jika pengalaman Anda semasa hidup adalah  negatif, keyakinan tentang pada diri cenderung negatif juga. Pengalaman penting paling membantu untuk membentuk keyakinan tentang siapa diri kita  biasanya terjadi pada awal kehidupan. Apa yang Anda lihat, dengar dan alami di masa kanak-kanak pada keluarga, masyarakat dan di sekolah - akan mempengaruhi cara kita melihat diri sendiri.

Contoh awal penyebab negatif pada diri sendiri:

  • Selalu mendapat hukuman yang sistematis, karena kelalaian atau penyalah gunaan kondisi.
  • Gagal memenuhi standar orangtua
  • Gagal memenuhi standar Sosialisasi /pertemanan.
  • Terbiasa dibiarkan dalam Zona nyaman tanpa batas dari orang tua maupun lingkungan (contoh : pecandu game ,Pecandu Gadget )
  • Berada di posisi tekanan orang lain.
  • Minim pujian, kehangatan, kasih sayang dari kelompok keluarga atau sosial
  • dipandang sebelah mata karena kekurangan yang anda miliki ( Diskriminasi)
  • Kadang-kadang keyakinan negatif tentang diri sendiri juga disebabkan oleh pengalaman di kemudian hari, seperti intimidasi di tempat kerja atau intimidasi hubungan pertemanan, stres yang terus-menerus atau peristiwa traumatis.

2 Faktor cara membangun rasa percaya diri

Setelah kita sudah membahas tentang dua faktor pembentuk konsep cara percaya diri,terlepas anda adalah pribadi minder,pemalu yang pada akhirnya menghasilkan pribadi tidak percaya diri, maka kita akan merekonstruksi ulang nya kembali.

Sama dengan dua hal pembentuk konsep diri,yang sudah kita bahas. Rahasia cara percaya diri (PD) sebenarnya terdapat pada dua faktor penting bagian yaitu, cara menjadi percaya diri dengan membagun PD internal (inner game) dan PD eksternal (outer game).

PD Internal

Ini semua tentang bagaimana anda berfikir sehingga terbentuklah kebiasaan, Mulai saat ini ganti semua kata kata penghambat, perasaan tidak berharga,berdamai dengan kegagalan,takut ditolak, mengamati pergerakan fikiran jika mengarah pada hal negatif kemudian segera menggantinya dengan Self talk positif,Mind-set positif harus tetap selaras dengan tujuan yang ingin dicapai.
Pembahasan pelengkap nya bisa anda baca pada

Menumbuhkan Percaya Diri

Berikutnya untuk memaksimalkan PD internal ini,anda bisa mulai dengan memperbanyak membaca buku pengembangan diri,kisah kisah inspiratif  memotivasi diri sendiri,film biogrhapy tentang tokoh tokoh berpengaruh. Dan untuk sementara,mungkin juga selamanya, hindari drama drama korea, sinetron yang jauh dari kata mendidik pada cara kerja otak.

PD Eksternal,

Termasuk dalam hal ini, cara berpenampilan, Olahraga serta Hobby,
Dan anda bisa memulainya dari menempatkan diri pada lingkungan positif,pernahkah anda berkumpul dengan orang orang yang selalu mengeluh tentang sialnya hidup mereka,sesekali mungkin itu biasa,tapi jika topik itu menjadi spesial dibicarakan hampir setiap saat,apakah anda betah berlama lama dilingkaran seperti itu?

"Sebisa mungkin hindari"

Memperhatikan kebersihan tubuh,jika anda selama ini jarang mandi,sebaiknya anda mulai serius menghentikan kebiasaan buruk ini,alasannya simpel, kebersihan juga sebahagian dari kepercayaan diri.

Komentar