Langsung ke konten utama

Cara Terbaik Meningkatkan Harga Diri (Self esteem)

Cara meningkatkan harga diri- Ada dilema pertentangan yang sering terjadi, saat sudah meniatkan arah perubahan untuk meningkatkan harga diri (self esteem), di waktu yang bersamaan,di titik tertentu, mereka juga menyabotase fikiran sendiri.

Misalnya mungkin saat akan dipromosikan naik jabatan atau hubungan dengan seseorang yang mereka anggap tidak sepadan dari alasan materi, terlalu baik,tampang rupawan dan sebagainya.

Terlepas dari apa pun konteks peristiwa nya, pola sabotase diri biasanya selalu diikuti oleh pemikiran yang sama "Saya tidak pantas menerima ini".
Cara kita mencintai diri sendiri selalu berbanding lurus dengan harga diri yang tinggi bahkan terkadang semua terjadi secara alami.

Meluruskan kembali gagal persepsi dalam meningkatkan harga diri (Self esteem)

Anda yang menentukan harga diri anda sendiri, bukan Orang Lain. (carsnewton)
Jika anda sibuk ingin mendapatkan kekaguman dan pengakuan dari orang lain, sebenarnya anda sedang mengurangi harga diri sendiri dengan tidak percaya bahwa anda layak mendapatkannya,ini juga salah satu yang memberi kontribusi penyebab tidak percaya diri

Anggapan keliru dengan harga diri yang tinggi selalu identik dengan suatu kesombongan.
Ini adalah dua kata yang berbeda penulisannya dan berbeda juga maknanya
“Orang yang memiliki harga diri tinggi tidak terdorong untuk membuat diri mereka merasa lebih unggul daripada orang lain ... kebahagian mereka ada pada diri mereka sendiri. "

Dan kebiasaan orang yang sudah terjangkit penyakit sombong cenderung suka pamer, haus perhatian,egois,merasa paling hebat, karena sejatinya sombong adalah pakaian orang minder minim kualitas diri dan inilah cara mereka menutupi rapuh nya harga diri yang mereka miliki,sombong.

Adalah cinta

- kasih sayang keluarga yang anda terima
- lingkungan bersahabat yang selalu mendukung
- memiliki banyak sahabat yang mencintai anda
Ketiga hal ini sebenarnya merupakan faktor kuat yang membentuk harga diri anda untuk bisa lebih optimis menjalani kehidupan.
Tapi bagaimana jika hal diatas anda rasa masih kurang atau bahkan anda tidak miliki?

Cara meningkatkan harga diri dengan mengembangkan bakat, minat dan memperkaya pengalaman.

Jadi jelasnya begini,Anda harus mampu menemukan sesuatu yang dapat anda kerjakan dengan baik, yang anda nikmati dan membuat anda lebih baik dalam hal itu, karena mustahil rasanya jika setiap orang tidak memiliki minat,hobby pada hal hal tertentu

Anggap saja anda berminat dalam olahraga renang,anda melatih diri anda menjadi perenang profesional,latihan, disiplin,konsisten, sehingga kemampuan anda mengolah tubuh didalam air serta ketekunan akan membawa anda pada satu titik dimana semua orang menganggap anda adalah perenang berbakat dan ahli dengan kemampuan kecepatan di atas rata rata manusia pada umumnya, bukan tidak mungkin anda akan bisa mengikuti pertandingan.

Minat dan bakat ini berlaku dalam hal apapun,contohnya:
  • Membaca dan menganalisa sebuah ide yang anda minati, sampaibisa anda bisa diandalkan dibidang tersebut.
  • Menekuni sebuah permainan,olah raga atau alat musik
  • Mempelajari bahasa asing,dan sebagainya
wawasan anda akan semakin luas,anda akan berhubungan dengan lebih banyak orang. Dan ini merupakan suatu langkah maju yang membuat anda merasa jauh lebih berbahagia terhadap diri sendiri.
Selalu penting untuk diingat "jika kita tidak melakukan sesuatu, tidak ada yang akan berubah."

Selanjutnya

Kita tidak akan bisa berkembang secara mental atau istilah masih “gitu gitu aja”jika merasa selalu tidak nyaman, kekurangan, minimnya rasa hormat pada diri sendiri, merasa tidak bebas, maka jangan heran jika peningkatan harga diri yang dinginkan seperti jalan di tempat.

Untuk menjaga harga diri yang sehat, Anda harus fokus pada satu hal yang dapat Anda kontrol, terlepas dari apa yang mungkin tidak kita sukai tentang diri sendiri, kita harus belajar untuk menerimanya.

Jika selama ini kita berfikir untuk menyalahkan orang lain atau kesulitan yang saat ini kita hadapi sekarang adalah andil mereka atau merasa kurang kasih sayang keluarga, merasa mereka tidak cukup mencintai, tidak adanya dukungan yang mewujudkan impian, kita harus berdamai dengan semua itu, kita yang bertanggung jawab penuh akan diri sendiri dan masa lalu adalah pengalaman yang memberikan makna baru pada saat ini.

Kita bisa menyadari,tahu bahwa situasi bisa menjadi lebih baik dan bisa buruk, menumbuhkan rasa percaya diri, itu sama penting nya agar kita selalu siap pada situasi apapun tantangan hidup yang akan kita hadapi.

Komentar