Langsung ke konten utama

Penyebab Minder Tidak Percaya Diri (Dan mengantisipasinya)

Penyebab minder tidak percaya diri- Anda dapat mendengar dan melihat orang lain berbicara satu sama lain. Tapi kadang-kadang ... kadang-kadang ... Anda tidak bisa membuka mulut untuk mengatakan apa pun dengan lancar, apa pun yang terjadi. Anda selalu menjadi penonton yang baik di hampir setiap pertemuan, atau acara lainnya.

Jika Anda sedang mengalami nya, sekarang saya akan berbagi, faktor apa penyebab tidak percaya diri. Ini berdasarkan observasi saya sendiri selama bertahun-tahun dan pengalaman pribadi dengan rasa malu minder yang nyaris akut.
Begitu Anda mengerti MENGAPA nya..
maka
BAGAIMANA
"cara mengatasi minder"
meningkatkan percaya diri ?
teknis langkah mengatasinya cenderung akan menjadi jauh lebih mudah, Inilah hal pertama yang perlu Anda pahami ...

Anda hanya menjadi minder/pemalu pada beberapa situasi saja

Kebanyakan faktor penyebab minder dikarenakan "rasa malu berlebihan" sekilas seperti suatu sifat kepribadian. Mungkin sebelumnya anda pernah di beri label atau mereka menyebut anda adalah seorang "pemalu", seolah menjadi orang minder itu permanen adanya.

Namun pikirkan  ini:

  • Apakah anda selalu merasa minder/ malu sepanjang waktu?
  • Atau bahkan jika sedang berada disekitar teman dekat ?
  • Sering minder, malu, berbicara dengan seseorang yang Anda anggap menarik ?
  • Apakah Anda selalu merasa gugup berbicara dengan satu atau dengan beberapa orang?
Saya yakin 4 pertanyaan tadi tidak keseluruhannya anda menjawab Ya

Itu berarti penyebab tidak percaya diri merupakan bersifat situasional


Bisa jadi ini adalah reaksi yang Anda miliki terhadap lingkungan, mungkin saat berdekatan dengan orang yang Anda sukai (taksir), pikiran Anda jadi kosong tidak tahu apa yang harus dibicarakan, gugup?
Tetapi berbeda jika Anda kumpul minum kopi dengan dua teman terdekat anda dan berbicara tentang hasrat bersama yang Anda miliki, saya yakin anda benar-benar tidak bisa diam tentang hal ini,

Lalu MENGAPA anda menjadi orang minder pada situasi lain sementara di konteks kejadian lain tidak?. Kita akan membedahnya lebih dalam menjelaskan beberapa alasan umum mengapa Anda menjadi minder, grogi, malu dalam situasi atau dengan orang-orang tertentu.

 3 Alasan penyebab minder 

1. Kebutuhan akan penerimaan / persetujuan

Jika begini situasinya : Menurut anda,siapa lebih gugup - pewawancara pekerjaan atau orang yang diwawancarai? umumnya tentu saja yang diwawancarai biasanya lebih gugup.
alasannya sederhana jika orang merasa membutuhkan pekerjaan, sebisa mungkin mereka akan berusaha menciptakan kesan baik agar lulus dari sesi wawancara. Namun secara alami hal ini juga menciptakan kecemasan dan menjadi penyebab kebanyakan orang gugup sebelum wawancara, lain halnya saat yakin di terima dan disetujui, maka mereka akan lebih cenderung santai tanpa beban

Demikian pula, mereka terjebak rasa minder,grogi, pemalu kebutuhan mereka akan penerimaan, persetujuan  pada situasi situasi sosial, sama persis dengan drama wawancara kerja yang baru kita bahas.

Keyakinan penyebab minder lainnya biasanya terasa begitu kuat saaat terlalu peduli dengan apa yang dipikirkan oleh manusia lain.", mempertimbangkan setiap apa yang akan di katakan karena merasa takut salah bicara... KEBUTUHAN yang terlalu berlebihan ini membuat mereka menjadi terikat.
BANDINGKAN..
Ketika tidak begitu perduli pada sesuatu hal / kejadian, biasanya secara alami anda akan lebih santai, terbuka juga  merasa nyaman pada situasi apapun.

2. Merasa orang lain memiliki nilai lebih dari diri sendiri

Ini salah satu  penyebab tidak percaya diri yang begitu umum, Jadi ... Apa yang membuat anda beranggapan orang lain lebih Ok, lebih memiliki nilai plus dari anda?
Jawabannya tidak semudah yang Anda yakini selama ini. Saya menyadari bahwa setiap orang memiliki filter terselubung dalam menilai orang. Cenderung sering dikaitkan pada daya tarik, popularitas, kepercayaan diri, dominasi, otoritas, dll.

Sebaliknya orang yang anda anggap biasa saja atau tidak memiliki nilai lebih dari anda, tentu anda tidak akan merasa minder, menyadari fenomena psikologi seperti ini, maka satu-satunya solusi kuat untuk mengatasi nya adalah dengan:

Membangun,menumbuhkan rasa percaya diri

 cara terbaik meningkatkan harga diri  Sekarang bagian ke-3 penyebab minder

3. Merasa tidak aman dengan diri sendiri

Rasa rendah diri,minder dan malu berlebihan. Hal ini sepertinya selalu berjalan seiringan. Merasa tidak aman tentang diri sendiri akan membuat Anda menghindari bentuk perhatian & lingkungan sosial, karena Anda tidak ingin mereka melihat betapa grogi dan pemalunya anda.

Beberapa tahun lalu,saya pernah merasa sangat tidak nyaman dengan bentuk tubuh saya yang kurus, banyak yang terperangkap rasa minder, pemalu, memiliki perasaan kurang tentang penampilan fisik mereka dan percaya bahwa mereka penyebab minder karena jelek.

Seperti sedang terobsesi berfikir terus tanpa henti seolah-olah ini adalah SATU satu nya yang orang perhatikan dan ingat tentang mereka (Dan inilah yang dinamakan ilusi sesat pikiran).  Perasaan negatif ini terus merus menggerogoti kepercayaan diri mereka sampai sepertinya tidak ada lagi yang tersisa.
Dan variasi lainnya juga sering menggambarkan perasaan tidak aman:
  • Merasa bahwa mereka adalah manusia membosankan dan tidak menarik.
  • Merasa selalu bodoh sering canggung saat berbicara,karena takut salah.
  • Sering merasa seperti pecundang tanpa teman plus gaya hidup yang tidak menarik sama sekali.
  • Menjadi tidak nyaman pada diri membuat Anda takut berbagi atau mencegah membangun hubungan baik dengan orang sekitar.
Tidak perduli sebanyak apapun nasehat yang sudah anda dengar selama ini dari saran "Tetap menjadi diri sendiri" atau "Harus selalu bahagia apapun dirimu saat ini". Nasehat indah ini seperti penyejuk, angin surga, tetap saja memang hal ini hanya mudah diucapkan daripada dilakukan.

"Menjadi minder, malu, kesepian itu memang sulit, tetapi lebih sulit lagi adalah ketika Anda tetap terus dikelilingi atau tetap berkutat dikumpulan orang orang juga kesepian."

Kesimpulan

Penyebab tidak percaya diri oleh rasa takut,malu, dapat menghentikan Anda saat menjalani hidup ini sepenuhnya. Dari keinginan mendapatkan pasangan hidup, kehidupan sosial yang lebih baik, lebih percaya diri di tempat kerja, dll ... rasa minder sukses  membekukan Anda.

- Hal terpenting dan perlu Anda ingat dari artikel ini adalah, bahwa rasa malu BUKAN sifat kepribadian permanen. ANDA bukanlah pemalu dalam artian yang sebenarnya, Anda hanya menjadi minder/malu dalam beberapa situasi saja, tergantung di mana berada dan dengan siapa Anda bicara.

Jadi MENGAPA terkadang anda masih minder tidak percaya diri?

- Penyebab minder terjadi ketika Anda terlalu berlebihan berekspektasi menuntut (meskipun ini jarang disadari) akan kebutuhan penerimaan atau persetujuan dari orang lain, persis dengan ilustrasi “drama wawancara kerja” yang sudah kita bahas diatas, bagaimana orang yang diwawancarai menjadi gugup ketika mereka terlalu MEMBUTUHKAN pekerjaan.

- Membandingkan dengan orang lain bahwa mereka lebih baik dari anda ... atau kurangnya penghargaan atas diri sendiri.. berefek membuat anda menjadi minderan, pemalu, pendiam atau canggung.
Dan alasan terakhir penyebab tidak percaya diri, minder yang sering terjadi adalah

Anda selalu merasa ada yang kurang/salah 

Ketika Anda merasa rendah diri pada penampilan, kepribadian, atau gaya hidup... maka secara otomatis anda akan menarik diri yang pada akhirnya menghindar dari perhatian, anda beranggapan mereka akan selalu memperhatikan hal hal terkecil atau rahasia pribadi yang membuat tidak tenang.

Saya harap artikel ini memberi Anda wawasan tentang bagaimana sebenarnya penyebab minder, rasa malu bekerja dalam mindset anda.
Setelah memahami mengapa faktor faktor penghambat ini ada dalam fikiran anda dan ingin mencari solusi dari cara mengatasi minder karena jelek,penyebab minder dll..

Anda bisa mulai dari link terkait dibawah ini, formula yang akan membantu anda mengatasi penyebab tidak percaya diri berlebihan.
# Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Komentar